Sosialisasi WJES 2020 Sukses Digelar, Diharapkan Menjadi Secercah Harapan di Masa Pandemi

DIALEKTIKA KUNINGAN – Pada Jumat, 2 Oktober 2020 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon menyelenggarakan Sosialisasi West Java Economic Society (WJES) 2020 yang merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat bersama dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Bandung – Koordinator Jawa Barat.

Kegiatan ini didukung juga oleh BI Cirebon dan BI Tasikmalaya, serta seluruh cabang ISEI di Jawa Barat.

“Tujuan penyelenggaraan sosialiasi ini selain untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya peran forum WJES terhadap perekonomian di Jawa Barat, juga dalam rangka meningkatkan partisipasi dan tentunya kontribusi nyata untuk bersama-sama memajukan perekonomian di Jawa Barat terlebih di saat terjadinya wabah pandemi saat ini,” ujar Herawanto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, dalam sambutannya.

Baca Juga: Bak Jilat Ludah Sendiri, Donald Trump dan Istrinya Dinyatakan Positif COVID-19 dan Sedang Karantina

Herawanto juga memaparkan bahwa pandemi Covid-19 telah menekan perekonomian Indonesia, termasuk Jawa Barat yang pada triwulan II 2020 terjadi kontraksi sebesar -5,98% (yoy). Oleh karena itu, pemulihan ekonomi menjadi agenda penting dan perlu mendapatkan dukungan sinergitas dari berbagai pihak, sehingga kondisi ekonomi dapat terus membaik dengan diiringi risiko kesehatan yang terkawal baik.

Secercah harapan telah mulai muncul pada triwulan III 2020 dan diharapkan dapat terus terjaga momentum perbaikan yang sudah terjadi. Khususnya di Jawa Barat, berbagai indikator ekonomi menunjukkan perkembangan positif, seperti tingkat keyakinan masyarakat (konsumen) terhadap perbaikan kondisi ekonomi.

“Aktivitas ekonomi yang mulai meningkat tersebut, tentu tetap perlu diikuti dengan penerapan protokol kesehatan yang disiplin, namun harus selalu diiringi optimisme dan sikap positif dalam mengoptimalkan berbagai peluang pemulihan ekonomi. Hal ini memerlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk segenap civitas akademika perguruan tinggi,” tandas Herawanto.

Lebih lanjut, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Bakti Artanta dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah daerah, akademisi, asosiasi, dan masyarakat umum juga dapat mengambil peran aktif dalam mencapai tujuan pengembangan ekonomi Jawa Barat.

SUMBER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *